Sistem Jaringan Listrik: Transmisi Daya Listrik

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم


Transmisi daya listrik jarak jauh merupakan proses penyaluran daya listrik ke tempat tujuan tertentu yang jaraknya jauh dari pusat pembangkit listrik. Listrik yang sampai di rumah-rumah penduduk adalah hasil transmisi daya listrik jarak jauh. 
Sumber: Jendela Iptek 1995

Ada dua cara mentransmisikan daya listrik jarak jauh, yaitu: 

1. dengan kuat arus listrik besar yang dihasilkan oleh generator
2.dengan tegangan yang lebih tinggi dari tegangan yang dihasilkan oleh generator. 

Pada umumnya, transmisi daya listrik jarak jauh menggunakan tegangan tinggi. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transmisi tegangan tinggi adalah arus listrik yang mengalir melalui kawat relatif kecil sehingga ukuran kawat transmisi yang kecil juga dapat memberikan anggaran biaya jauh lebih ekonomis, dan daya listrik yang hilang sepanjang kawat transmisi jauh lebih kecil sehingga diperoleh efisiensi daya listrik yang besar. 

Pada proses transmisi daya listrik jarak jauh digunakan transformator step-up yang terdapat di pusat pembangkit yang menaikkan tegangan hngga mencapai sekitar 150.000 V. Kemudian, daya listrik ditransmisikan ke kota-kota tujuan. Di kota-kota tujuan, digunakan transformator stepdown yang dipasang di gardu-gardu listrik sehingga tegangan listrik siap digunakan pada tegangan sekitar 220 V. 

Sumber: BSE Fisika Aip S

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: