Pembelajaran Fisika Dengan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم

Guru Fisika, Iksan Taufik H sedang menerangkan materi

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu proses belajar mengajar. Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1. memperjelas materi agar tidak terlalu verbalistis
2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indera
3. menimbulkan semangat belajar
4. memungkinkan peserta didik belajar sesuai bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya
5. memberi rangsangan yang sama dan menimbulkan persepsi yang sama


Menurut Kemp and Dayton dalam Buku Media Pembelajaran (2007, CV Wacana Prima) kontribusi media pembelajaran adalah:
1. penyampaian materi dapat terstandar
2. pembelajaran lebih menarik
3. pembelajaran menjadi lebih interaktif
4. memperpendek waktu pelaksanaan pembelajaran
5. kualitas pembelajarn dapat ditingkatkan
6. peran guru berubah kearah yang positif.

Macam-macam kelompok media pembelajaran

Kelompok pertama: media grafis, bahan cetak dan gambar diam
Kelompok kedua: media proyeksi diam (OHP, projector, slide, filmstrip)
Kelompok ketiga: media audio (radio, media alt perekam pita)
Kelompok keempat: media audio visual diam (filmstrip bersuara)
Kelompok kelima: Film
Kelompok keenam: televisi
Kelompok ketujuh: multimedia (media objek, media interaktif)

Guru Fisika MAN 2 Bantul, Iksan Taufik H, S.Pd. dalam suatu pembelajarannya menggunakan media pembelajaran fisika interaktif macromedia flash pada materi medan magnet. Dengan penggunakan media tersebut terlihat peserta didik lebih bergairah dan fokus untuk memperhatikan materi dengan melihat tayangan gambar pada layar. 






























Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)