Kurikulum Merdeka, Proses Perancangan Kegiatan Pembelajaran

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم




Memahami Capaian Pembelajaran (CP)

(Keputusan Kepala BSKAP No.033/H/KR/2022 Tahun 2022)

• Rasional

• Tujuan

• Karakteristik

• CP setiap Fase

Merumuskan tujuan pembelajaran (TP)

• Ide besar

• Temukan kata kunci

• Sesuai karakteristik mapel

• Minimal 2 TP per elemen

• Ada alur TP per elemen

• Menggunakan KKO Anderson

Menyusun alur tujuan pembelajaran dari tujuan   pembelajaran (ATP)

• Rangkaian TP yang tersusun secara sistematis

• capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran;  

• cara untuk mencapai tujuan belajar; 

• cara menilai ketercapaian tujuan belajar

Merancang Pembelajaran (MP)

• RPP (tujuan pembelajaran, langkah/proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran

• Modul Ajar (pada langkah pembelajaran yang menggunakan media berisi materi-materi


Catatan

• penggunaan alokasi waktu sifatnya prakiraan (perlu diberi tanda)

• Untuk pendidikan khusus TP dapat dibuat sempit, namun harus tergambar bagaimana penjabarannya dalam perencanaan pembelajaran


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: