MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Kelajuan dan Kecepatan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pada kehidupan sehari-hari orang sering menggunakan kata kecepatan meskipun yang dimaksud sebenarnya adalah kelajuan. Misalnya, kereta itu bergerak dengan kecepatan 80 km/jam. Pernyataan ini sebenarnya kurang tepat, karena kalau ingin menyatakan kecepatan, arahnya harus disebutkan. Supaya benar pernyataan tersebut harus diubah menjadi kereta itu bergerak dengan kecepatan 80 km/jam ke arah barat.

Pada fisika, kelajuan dan kecepatan merupakan dua istilah yang berbeda. Kelajuan adalah cepat lambatnya perubahan jarak terhadap waktu dan merupakan besaran skalar yang nilainya selalu positif, sehingga tidak memedulikan arah. Kelajuan diukur dengan menggunakan speedometer. Kecepatan adalah cepat lambatnya perubahan kedudukan suatu benda terhadap waktu dan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki arah. Kecepatan diukur dengan menggunakan velocitometer.
Speedometer: mengukur kelajuan


Kelajuan Rata-Rata
Kelajuan rata-rata adalah jumlah jarak yang ditempuh dalam selang waktu tertentu.

Dari persamaan kelajuan rata-rata menunjukkan bahwa tidak ada benda yang memiliki kelajuan yang tetap atau konstan. Sebuah benda hanya memiliki kelajuan rata-rata dari jumlah kelajuan yang dimilikinya dalam selang waktu tertentu.

Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata adalah besarnya perpindahan sebuah benda dalam selang waktu tertentu.


Contoh Soal dan Pembahasan

Perhatikan gambar:
Ahmad berkendara dari A ke B ke C ke D ditempuh dalam waktu 2 jam. Tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata Ahmad!

Pembahasan:

Kelajuan Rata-Rata

Kelajuan rata-rata = Jarak total / waktu tempuh
kelajuan rata-rata = 5 + 20 + 5 / 2 = 15 km/jam

Kecepatan rata-rata = perpindahan / waktu tempuh

perpindahannya adalah dari A ke D sejauh 20 km
Kecepatan rata-rata = 20/2 = 10 km/jam



Sumber: BSE Setya Nur, Aip S


Posting Komentar

0 Komentar