MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Kapasitansi Kapasitor dan Keyboard

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Tahukah kamu, sepuluh atau limabelas tahun yang lalu, kapasitansi sebesar 1 mikro Farad adalah hal biasa. Sekarang, ada kapastor yang kapasitansinya sebesar 1 F atau 2 F.  Secara fisik bentuknya kecil, hanya beberapa  centimeter. Contohnya pada rangkaian  power supply di computer atau VCR yang  digunakan untuk mengatur waktu dan penanggalan. Kapasitor digunakan karena dapat mengganti peran baterai bahkan 105 kali lebih baik sehingga waktu dan tanggal  yang tertera tidak akan mengalami kesalahan. 
Keyboard laptop

Bagimanakah cara membuat kapasitor dengan kapasitas besar? 
Dengan menggunakan bahankarbon yang memiliki daya serap tinggi sehingga akan mengakibatkan luas pelat menjadi besar. Sepersepuluh gram karbon memiliki luas area 100 m2. Selanjutnya, terdapat muatan yang besarnya sama, tetapi berlawanan dimana muatan positif berada di pelat karbon dan muatan negative berada di pelat asam sulfur dengan jarak sekitar 10-9 sehingga besar kapasitansi dari 0,1 g karbon adalah 

Perlu kamu ketahui juga bahwa keyboard pada computer menggunakan konsep kapasitansi  kapasitor. Setiap tombol dihubungkan dengan pelat bagian tas kapasitor. Ketika pelat bagian atas ditekan mengakibatkan jarak kapasitor ini akan menjadi sinyal listrik sehingga akan terdeteksi oleh rangkaian listrik dalam computer.


Sumber: BSE Fisika XII, Drajat

Posting Komentar

0 Komentar