MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Alat Ukur Modern

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pengukuran sudah dilakukan manusia sejak beribu tahun yang lalu. Sepanjang masa itu, berbagai alat ukur sudah ditemukan, mulai dari alat ukur sederhana sampai alat ukur modern. Beberapa alat ukur modern yang telah ditemukan adalah pita sonik, sinar infra merah, dan radar.
Pita sonik adalah alat yang dipakai untuk mengukur jarak suatu benda dengan prinsip pemantulan bunyi. Alat ini mengeluarkan bunyi  “bip-bip” ultrasonik yang tidak dapat didengar manusia. Pada saat digunakan, pita sonik mengeluarkan bunyi ultrasonik yang akan memantul setelah menumbuk benda yang diukur jaraknya. Waktu yang diperlukan bunyi untuk sampai kembali ke alat ukur menunjukkan jarak benda ke alat ukur tersebut. Sinar inframerah dapat meng-ukur jarak sampai ketepatan yang tinggi (2 mm tiap untuk jarak 3 km). Alat ukur ini dapat men-deteksi benda-benda yang bergerak maupun diam, serta dapat menen-tukan sudut horizontal dan vertikalnya. Ukuran-ukuran yang diperoleh dari sinar inframerah disimpan dalam kartu data elek-tronik yang selanjutnya dipindahkan ke komputer untuk dianalisis.

Radar merupakan alat ukur tercanggih yang pernah dibuat manusia. Alat ini biasanya dipasang di pesawat, kapal dan di markas angkatan perang. Gelombang radar dipancarkan dari antena radar ke segala arah. Gelombang ini akan terpantul kembali ke radar bila menumbuk benda, baik yang bergerak maupun diam. Gelombang yang kembali dapat diubah secara elektronik menjadi gambar di layar. Sistem canggih ini dapat menentukan posisi benda, benda tersebut bergerak atau diam, dan kecepatan serta arahnya jika bergerak.

Posting Komentar

0 Komentar