MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Rangkaian Hambatan Seri

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rangkaian hambatan seri adalah rangkaian yang disusun secara berurutan (segaris). Pada rangkaian hambatan seri yang dihubungkan dengan suatu sumber tegangan, besar kuat arus di setiap titik dalam rangkaian tersebut adalah sama. Jadi, semua hambatan yang terpasang pada rangkaian tersebut dialiri arus listrik yang besarnya sama. Bila salah satu hambatan ada yang putus, maka arus listrik pada rangkaian tersebut juga putus/tidak mengalir.

a. Lampu disusun seri             b. Simbol rangkaian                   c. Hambatan pengganti


Pada Gambar di atas, terlihat dua buah lampu (sebagai hambatan) yang disusun seri. Kuat arus yang mengalir melalui kedua lampu tersebut sama besarnya, sedangkan tegangannya berbeda. Dengan meng-gunakan hukum Ohm dapat Anda tuliskan secara matematis sebagai berikut:
Jika kita ganti kedua hambatan yang dirangkai seri dengan sebuah hambatan pengganti (Rs) lihat gambar (c), maka VAC = I× Rs, sehingga kita dapatkan persamaan sebagai berikut:
Jadi, bentuk umum hambatan pengganti yang dirangkai seri:
Rs = R1 + R2 + R3 + ...... + Rn (n = banyaknya hambatan)

Hambatan pengganti pada kedua rangkaian ini selalu lebih besar karena merupakan jumlah dari hambatan-hambatan yang dipasang.


Contoh Soal dan Pembahasan

Ada tiga buah hambatan yang masing-masing nilainya 6 Ohm, 4 Ohm, dan 3 Ohm disusun seri. Tentukan hambatan penggantinya!

Pembahasan:

Diketahui : R= 6 Ohm; R2= 4 Ohm; R3= 3 Ohm
Ditanyakan: Rs
Jawab :
Rs = R1 + R2 + R3
= 6 + 4 + 3
= 13 Ohm
Jadi, hambatan penggantinya adalah 13 Ohm

Posting Komentar

0 Komentar