MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Kapan Bumi Diciptakan?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tidak ada kepastian tentang sejak kapan bumi diciptakan. Apakah berjuta ataukah bermiliar tahun yang lalu kapan bumi diciptakan, tidak ada yang mengetahuinya secara pasti kecuali Allah. Akan tetapi yang jelas, menurut pendapat ulama yang terkuat, bahwa bumi diciptakan terlebih dahulu daripada langit. 

Di antara alasannya adalah bahwa bagaikan pondasi sebuah bangunan, maka bumi diciptakan dahulu sebagai pondasi tersebut baru kemudian diciptakan atapnya, yaitu langit.'? Syekh Mahmud Syukri Al-Alusi berkata, “Apa yang dinukil dari Ibnu Abbas yang menjelaskan bahwa bumi diciptakan terlebih dahulu sebelum langit tanpa penghamparan, dan baru kemudian dihamparkan setelah penciptaan langit, maka Allah menjadikan bumi sebagai hamparan ini adalah benar adanya.” Tentang awal penciptaan langit dan bumi ini Allah berfirman, 

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”. (OS. Al-A'raf: 54) 

Sesungguhnya 'arsy Allah berada di atas air, maka tidak ada makhluk yang diciptakan Allah sebelum air. Ketika Allah berkehendak menciptakan makhluk yang lain, maka dari air inilah keluar uap lalu diciptakan bumi kemudian langit. Bumi diciptakan dalam masa 2 hari, yaitu hari ahad dan hari senin. Dari satu bumi ini kemudian pisahkan menjadi sebanyak 7 lapisan bumi dalam masa 2 hari ( Berdasarkan hadits dari Abdullah bin Abbas dari Ibnu Mas'ud). Oleh karenanya, 7 bumi ini awalnya berada di satu tempat lalu dipisahkan menjadi 7 lapisan. 

Dimensi Bumi. 

Bumi merupakan satu-satunya tempat di mana keberadaan air dalam bentuk zat cair yang mudah mengalir. Menurut pengukuran fisis, luas permukaan bumi secara pendekatan mencapai 197.000.000 mil2. Total luas permukaan daratan mendekati 196.937.500 mil2. Sedangkan luas permukaan berupa air di permukaan bumi mendekati 57.300.000 mil2. Massa bumi sebesar 5,98 x 1024kg. Massa jenis rata-rata bumi sekitar 5,52 gram/cm2, merupakan benda yang paling padat dalam tata surya. Sedangkan apa yang dikatakan sebagai planet seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus tidak ada bagian permukaannya yang terdiri dari air. Bahkan tidak ada sedikitpun molekul H2O ini sama sekali. Mengapa hanya bumi yang ada airnya sebagai syarat mutlak bagi eksistensi kehidupan makhluk di muka bumi? Apakah ini hanyalah kebetulan saja dengan mengesampingkan fakta penciptaan dan kekuasaan Zat Yang Maha Pencipta dan Maha Bijaksana? 


Posting Komentar

0 Komentar