MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Einstein, Pendiri Utama Teori Fisika Abad XX (1)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Bagi sebagian besar dari kita, menyebut nama Albert Einstein berarti menyebut "Ilmu pengetahuan modern”. Ia merupakan salah seorang ilmuwan terkenal yang namanya tetap hidup karena karyanya yang luar biasa. Karyanya mengubah pemahaman kita terhadap jagat raya. Pendapat kita tentang ruang dan waktu tidak lagi seperti pendapat kita sebelum ia mengemukakan teorinya. Ia mengubah konsep dasar yang telah berlaku sejak masa Issac Newton. Einstein dapat disebut sebagai pendiri utama teori-teori fisika abad XX. 

MASA MUDA 

Einstein dilahirkan pada tanggal 14 Maret 1879 di Ulm, Jerman. Setahun kemudian keluarga ini pindah ke Munich, tempat adiknya yang bernama Maja dilahirkan. Einstein tinggal di Munich selama 15 tahun. Kecintaannya pada musik, yang kemudian menjadi kebutuhan baginya, telah terbentuk menonjol ketika ia kursus biola pada umur 6 tahun. 

Meskipun untuk pekerjaan-pekerjaan rutin tidak terlalu pandai dan lamban dalam berbicara, Einstein sangat hebat dalam belajar sendiri. Pada umur 12 tahun ia telah belajar sendiri tentang kalkulus dan pada umur 13 tahun ia telah membaca karya Emmanuel Kant Pembahasan tentang Dalil Murni. Ia tidak membaca literatur-literatur ringan, tetapi menekuni buku-buku matematika, fisika, dan filsafat. 

Einstein meninggalkan Munich pada umur 15 tahun untuk bergabung dengan orang tuanya di Milan, Italia, dan setahun kemudian mencoba masuk Federal Institute of Technology di Zurich, Swis. Berhubung tidak mempunyai ijazah sekolah menengah atas, ia harus menempuh ujian masuk. Ia gagal dalam bahasa modern, ilmu hewan, dan botani—matamata pelajaran yang tidak ia peroleh sewaktu di Munich. Namun, ia menunjukkan keistimewaannya dalam matematika dan fisika sehingga diperkenankan masuk setelah belajar selama satu tahun. Prestasinya di perguruan tinggi sangat hebat. Untuk beberapa waktu setelah wisudanya pada tahun 1900, Einstein tidak dapat mendapatkan asistensi atau pekerjaan apa pun. Ia mempergunakan waktunya selama dua tahun untuk mengajar pada berbagai lembaga kecil dan kemudian ia memperOleh pekerjaan sebagai ahli tehnik pada kantor paten Swis di Bern. 

KEMASYHURAN INTERNASIONAL 

Einstein adalah pekerja yang cepat dan banyak mempunyai waktu luang untuk menyelesaikan proyek-proyeknya sendiri ataupun syarat-syarat untuk memperoleh gelar Ph.D.-nya. Selama 7 tahun bekerja di kantor paten, ia menerbitkan berbagai makalah penting. Pada tahun 1905 saja ia berhasil menerbitkan 4 buah, yang masing-masing kemudian membuatnya terkenal. 

Salah satu makalah itu mengemukakan teori khusus tentang kenisbian: tentang pentingnya teori ini akan dibahas di bawah ini. Makalah yang lain sampai pada kesimpulan bahwa radiasi harus dipandang sebagai tas dalam "'berkas”” kecil atau kuantum. Makalah ini juga membahas tentang efek fotoelektrik pemancaran elektron oleh logam ketika dikenakan kepada cahaya yang berpanjang gelombang tertentu. Terutama karena pemikiran inilah Einstein memperoleh Hadiah Nobel pada tahun 1921. Makalah yang ketiga menunjukkan bahwa gerak Brown—-yaitu gerak berliku-liku dari partikel-partikel kecil yang tersuspensi dalam zat cair yang tidak bergerak—merupakan bukti langsung tentang adanya molekul. Makalah yang keempat menyimpulkan bahwa materi dan energi itu adalah setara satu sama lain. 

Meskipun karya-karyanya membawanya ke kemasyhuran internasional, sampai tahun 1911 ia tidak memperoleh jabatan akademis. Sementara itu, pada tahun 1907 ia menerbitkan makalah yang menggunakan hipotesis kuantum untuk memperhitungkan fenomena kalor pada suhu rendah, dan pada tahun 1916 ia menerbitkan makalah yang menghantarkannya ke teori kenisbian umum. Pada tahun 1913 Einstein memperoleh jabatan penelitian pada Keiser Wilhelm Society di Berlin, sekaligus merangkap jabatan guru besar pada Universitas Berlin. Selama bekerja disitu ia menerbitkan berbagai makalah penting lainya. ( Sumber: ilmu Fisika, Grolier Internasional, Inc) 

Bersambung..... 




Posting Komentar

0 Komentar