MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Dimensi Besaran Fisika

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Dalam Fisika, ada tujuh besaran pokok yang berdimensi dan dua besaran pokok tambahan yang tidak berdimensi. Semua besaran dapat ditemukan dimensinya. Jika dimensi sebuah besaran diketahui, dengan mudah dapat diketahui pula jenis besaran tersebut.  Dimensi adalah cara suatu besaran tersusun atas besaran- besaran pokok. Dimensi dalam fisika ditulis dengan huruf-huruf tertentu di dalam tanda kurung siku. Dimensi dari setiap besaran pokok dapat kalian perhatikan pada tabel berikut:

Dimensi besaran turunan dapat ditentukan dari rumus besaran turunan yang dinyatakan dalam besaran pokok. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal no 1

 
Soal no 2


Dimensi mempunyai dua kegunaan, yaitu untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan dengan cara analisis dimensional, menunjukkan kesetaraan beberapa besaran yang sepintas tampak berbeda dan menentukan persamaan kemungkinan benar atau salah.

1. Analisis Dimensional

Analisis dimensional adalah suatu cara untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan, dengan cara memerhatikan dimensi besaran tersebut.

Contoh:
2. Menunjukan dua besaran setar atau tidak

Selain digunakan untuk mencari satuan, dimensi juga dapat digunakan untuk menunjukkan kesetaraan beberapa besaran yang terlihat berbeda.

Contoh:

3. Menunjukan suatu persamaan kemungkinan benar atau salah

Contoh:


Sumber: BSE Fisika 1, Aip s, Setya Nurachmandani, Nurhayati Nufus















Posting Komentar

0 Komentar