MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Konsep Tauhid pada Materi Momentum

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Momentum merupakan besaran yang dihasilkan oleh suatu benda yang bermassa dan mengalami perubahan kecepatan. Jika gaya yang bekerja pada benda tidak sama nol maka gaya tersebut yang akan menyebabkan adanya perubahan posisi dan perubahan kecepatan. Pada hukum I Newton menyatakan bahwa benda akan diam atau bergerak lurus beraturan jika resultan benda sama dengan nol (€F = 0)
Jika resultan gaya yang bekerja tidak sama dengan nol maka berlaku hukum II Newton (€F = m.a).

Berdasarkan uraian diatas, resultan gaya yang tidak sama dengan nol menyebabkan adanya percepatan (a). Percepatan merupakan perubahan kecepatan pada selang waktu tertentu. 
F  = m.a
F = m. (v - v0)/t
F.t = m.(v -v0)
F.t = m. (delta)v

impuls = perubahan momentum

Dari penjelasan diatas, dapat kita katakan bahwa penyebab terjadinya perubahan kecepatan adalaha resultan gaya yang bekerja pada benda yang tidak sama dengan nol. 

Timbul pertanyaan, apakah resultan gaya yang tidak sama dengan nol ini ada begitu saja? atau mungkin ada penyebab lain yang menjadikan gaya iti ada?
Kita bisa saja bolang bahwa penyebab adanya perubahan kecepatan pada suatu benda yang bergerak adalah GAYA. Namun sebenarnya penyebab yang sebenarnya adalah Allah Dzat Yang Maha Kuasa. 

Rasulullah pernah diingatkan oleh Allah saat Perang Badar. Allah berfirman:
"Maka sebenarnya bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka dan bukan kamu yang melempar saat kamu melempar, tetapi Allah lah yang melempar. Allah berbuat demikian untuk membinasakanmmereka. dan untuk memberi kemenangan kepada orang mukmin dengan kemenagn yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui." (QS Al Anfal : 17). 

Wallohu'alam

Posting Komentar

0 Komentar