MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Project Based Learning dalam Pembelajaran Fisika

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Project Based Learning
merupakan model pembelajaran yang melibatkan kerja proyek. Pembelajaran ini menuntut siswa untuk merancang proyek dan melakukan kegiatan investigasi. Permasalahan yang diambil sebaiknya sesuai dengan dunia nyata. Setelah mengetahui tema tugas proyek, siswa harus membuat perencanaan untuk menyelesaikan tugas tersebut serta mengetahui alat dan bahan yang diperlukan untuk membantu penyelesaian proyek.

Siswa dan guru sebaiknya membuat jadwal dalam menyelesaikan proyek. Berikan batas waktu dalam setiap pengerjaan proyek. Tugas guru adalah memantau aktivitas siswa saat pengerjaan proyek. Setelah tugas selesai, guru melakukan penilaian untuk mengevaluasi hasil siswa dan memberi umpan balik tentang hasil yang sudah dicapai. Di akhir pembelajaran, siswa dan guru melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dilakukan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini siswa diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek. 
==================================================
Contoh Tugas Proyek:

Carilah informasi mengenai penerapan gerak melingkar dalam teknologi. Informasi bisa berupa alat yang memanfaatkan gerak melingkar maupun teknologi yang menggunakan hubungan roda-roda. Datangilah tempat yang memanfaatkan teknologi gerak melingkar. Apakah teknologi-teknologi tersebut dapat meringankan pekerjaan manusia? Bagaimana prinsip kerja alat-alat tersebut? Buatlah makalah berdasarkan informasi yang Anda dapatkan. Gambarlah skema alat-alat tersebut dalam makalah yang Anda buat.

==================================================
Dalam menyelesaikan tugas ini ada kemungkinan siswa mencari data saat hari libur atau di luar jam sekolah. Berikan surat pemberitahuan kepada orang tua tentang kegiatan siswa dan meminta bantuan orang tua untuk ikut mengawasi kegiatan siswa selama proyek berlangsung. Dalam contoh di atas, siswa diminta mengunjungi suatu tempat. Ada baiknya guru memberi surat pengantar yang meminta izin kepada pihak pemilik agar siswa dapat memperoleh akses yang diperlukan.


Posting Komentar

0 Komentar