MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

GERAK VERTIKAL

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Benda jatuh tentu tidak asing lagi bagi kalian. Bahkan mungkin kalian pernah jatuh dari pohon. Benda jatuh ini merupakan contoh dari gerak lurus dengan percepatan tetap (GLBB) yaitu sama dengan percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi dapat digunakan pembulatan sebesar g = 10 m/s2. 
Percepatan gravitasi ini juga bekerja pada benda yang dilemparkan ke atas tetapi akan memperlambat gerak benda. Pada zaman Aristoteles, orang-orang berpandangan bahwa benda jatuh akan membutuhkan waktu yang tergantung pada massa bendanya. Aristoteles berpandangan: benda yang bermassa lebih besar akan sampai di tanah lebih cepat. Pandangan ini masih banyak dianggap benar oleh masyarakat sekarang yang tidak memahaminya. Padahal pandangan Aristoteles ini telah ditentang oleh Galileo.

Galileo(1564-1642) seorang ilmuwan yang membuka pandangan baru tentang pentingnya bereksperimen. Galileo melakukan eksperimen tentang benda jatuh bebas, diantaranya melakukan pengukuran benda jatuh di menara Pisa. Hasil eksperimen itu menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan benda jatuh tidak tergantung pada massanya tetapi tergantung pada ketinggiannya.

Berikut ini penjelasan mengenai gerak vertikal:

Gerak Vertikal 1


Gerak Vertikal 2





Posting Komentar

17 Komentar