ISLAMISASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Senin, 15 Juni 20200 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pembelajaran fisika di madrasah seyogyanya mempunyai ciri khas yang berbeda dengan pembelajaran fisika di sekolah umum. Sebagai guru fisika khususnya haruslah bisa membangun kemampuan spiritual siswa. Membangun kemampuan spiritual artinya membangun keimanan siswa melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran Fisika banyak sekali materi atau konsep yang dapat digunakan untuk membangun kemampuan spiritual siswa. 

Pada dasarnya, Fisika merupakan ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk aiam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya. Sedangkan di dalam islam, kita percaya bahwa semua sistem di alam semesta ini ada yang mengaturnya secara langsung, yakni oleh Allah. Dari pernyataan-pernyataan ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa adanya sebab-akibat dalam penjelasan, oleh hukum-hukum fisika, mengenai suatu. sistem di alam semesta merupakan sebuah pembuktian akan keberadaan Allah melalui bukti-bukti yang ada dalam sistem yang dikaji.

Untuk membangun kemampuan spiritual dalam proses pembelajaran lebih baik berasal dan fenomena atau peristiwa terlebih dahulu. Kemudian jelaskan konsep fisika yang melatarbelakanginya. Setelah dijelaskan, barulah kesadaran akan kebesaran Allah dikaitkan dengan fenomena tersebut dengan cara adanya fenomena tersebut adalah kuasa Allah yang menciptakan konsep Fisika yang melatarbelakanginya. Untuk Iebih memahaminya, berikut ini disajikan contoh pembangunan kemampuan spiritual pada proses pembelajaran. 

”Tahukah kalian bentuk orbit Bumi saat mengelilingi Matahari? Bentuk orbit Bumi saat mengelilingi Matahari tidak berbentuk lingkaran sempurna, akan tetapi berbentuk elips. Lantas, bagaimanakah karakteristik geraknya? Kita tahu bahwa elips memiliki dua jari-jari, yakni jari-jari panjang dan yang satunya lebih pendek Posisi Matahari pun tidak berada di tengah orbit bumi, tapi sedikit berada di pinggir jari-jari panjang. Bumi mengelilingi Matahari dengan gerak melingkar kondisi geraknya berubah-ubah di tiap posisi akibat bedanya jarak antara Bumi dan Matahari tiap waktu. Hal ini mengakibatkan gerakan Bumi semakin cepat jika jarak dengan Matahari semakin dekat dan akan semakin lambat jika jaraknyas jauh. Kondisi ini berfungsi agar Bumi tidak terlepas dari orbitnya. 

Bisa kalian bayangkan betapa rumitnya hal di atas? Ya, sangat rumit dan kompleks sekali gerak Bumi kita. Apa yang Allah Iakukan agar semuanya tetap berjalan dengan baik?  Allah telah menjaga melalui gaya gravitasi dan gaya sentripetal agar semuanya tetap seimbang, Buktinya adalah berubahnya kecepatan Bumi saat jaraknya dengan Matahari berubah. Sistem yang sangat kompleks pun akan menjadi sangat teratur dan seakan-akan alam berperilaku seperti itu dengan sendirinya‚ padahal dibalik semua itu ada kuasa Allah. Oleh sebab itu, sebagai makhluk yang beriman patutnya kita bersyukur atas kuasa Allah dalam menjaga Sistem alam semesta yang sangat kompleks ini menjadi teratur.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman:

"Sungguh Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak bergeser"(QS. Fathir:41)

"Dan Dialah yang menciptakan malam dan siang. Matahari dan bulan masing masing beredar padaa garis edarnya" (QS Al Anbiya:33)

"Tidaklah mungkin matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing masing beredar pada garis edarnya" (QS Yasin: 40)



Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA