LANGIT BERUPA ASAP (30)

Selasa, 25 Juni 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Setelah menjelaskan perihal penciptaan bumi dlm dua hari, mjd kan gunung di bumi dan menyempurnakan kandungan bumi baik di permukaan maupun di dlm, dilanjut:

Q.S Fussilat (فصلت) / 41:11)
ثُمَّ اسۡتَوٰۤی اِلَی السَّمَآءِ وَ ہِیَ دُخَانٌ فَقَالَ لَہَا وَ لِلۡاَرۡضِ ائۡتِیَا طَوۡعًا اَوۡ کَرۡہًا ؕ قَالَتَاۤ اَتَیۡنَا طَآئِعِیۡنَ
"Kemudian Dia menuju ke langit yg saat itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya juga pada bumi: "Datanglah kamu berdua menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".
Kamus:
ثُمَّ kemudian -

اسْتَوَى Dia menuju - 
إِلَى pada -
السَّمَاءِ langit -
وَهِيَ dan ia/langit - 
دُخَانٌ asap - 
فَقَالَ lalu Dia berkata - 
لَهَا kepadanya - 
وَلِلْأَرْضِ dan kepada bumi - 
ائْتِيَا datanglah kamu berdua -
طَوْعًا suka hati - 
أَوْ atau - 
كَرْهًا terpaksa - 
قَالَتَا keduanya berkata - 
أَتَيْنَا kami datang - 
طَائِعِينَ dengan suka hati -


Langit (masih) berupa asap? Apa itu asap? Mengapa langit dikaitkan bahkan diidentifikasi dengan asap?

Asap atau smoke dlm bahasa Inggris dan dukhaan دخان dlm bhs Arab adalah kumpulan butirann kecil yg muncul dari pembakaran. Ukuran butiran ini dapat puluhan nanometer hingga mikrometer atau mikron.


Sekedar ilustrasi, jika diameter butiran adlh 10 nanometer maka dlm 1 mm terdapat 1.000.000 (satu juta) butiran yg dijejer rapat dan rapi. 
Butiran ini umumnya terdiri dari bbrp molekul spt karbon dioksida, nitrogen oksida dan molekul lainnya, bergantung bahan yg terbakar.


Gas nitrogen (N2) mengisi sekitar 78% udara. Massa jenis gas nitrogen 1,251 gram/liter setara dg 53,81087x10^18 molekul/cm^3. Artinya, ada 3.775.350 molekul nitrogen berjajar dlm 1 cm. Sedangkan gas oksigen yg sekitar 21% udara, pada tekanan satu atmosfer dan temperatur kamar sekitar 1,429 gram/liter. Artinya, terdapat sekitar 26,892x10^18 molekul oksigen O2 dalam satu sentimeter kubik (cm^3). Jika dijejer rapi terdapat 3.000.000 molekul oksigen berbaris dlm 1 cm atau 300.000 dlm 1 mm. Serupa untuk gas karbondioksida yg mempunyai massa jenis 1,98 kg/m^3 atau 1,98 gram/liter atau 0,00198 gram/cm^3. Sangat ringan.

Seperti disebutkan di dpn, asap mrpk hasil pembakaran shg mempunyai temperatur lbh tinggi dari udara. Akibatnya, jarak partikel asap lbh besar dan massa jenis asap lbh kecil dibanding massa jenis udara. Asap pun naik
Pada pembahasan terdahulu secara umum langit adalah ruang tempat asal hujan, bertekanan rendah, planet dan bintang serta gugus bintang.


Di ruang angkasa sana, di langit lapis ketiga dan keempat ada yg hanya berisi 10.000 atom dlm 1cm^3, ada juga yg hanya 1 partikel dlm 1 cm^3. Di langit lima dan enam semakin jarang. Dan, kerapatan jagad raya menurut para ilmuwan hanya 5x10^-24 gram/m^3 yakni hanya tiga atom hidrogen dalam satu meter kubik.


Langit masih berupa asap berarti langit masih sempit, jauh lbh lebih sempit dari saat ini.


Saat ini langit amat sangat luas, volumenya sedemikian besar shg satu meter kubik hanya diisi 3 atom hidrogen. 

Dulu, saking kecilnya maka partikel berdesakan hingga ada sekian milyar trilyun partikel dlm satu senti meter kubik.

Langit dan bumi diperintah, di antaranya untuk tegak dan langit mengembang. 
Kedua nya patuh tanpa syarat.


Wallaahua'lam
=================================================
Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane