LANGIT DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN (5)

Jumat, 17 Mei 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 

(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)


Sekarang kita simak ayat yang memuat tiga kata langit sekaligus: dua dlm bentuk tunggal tetapi satu ma'rifat (definit) السماء dan satu nakiroh (umum) سماء, serta satu jamak سماوات.
Fussilat (فصلت) / 41:12)


فَقَضٰہُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِیۡ یَوۡمَیۡنِ وَ اَوۡحٰی فِیۡ کُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَہَا ؕ وَ زَیَّنَّا السَّمَآءَ الدُّنۡیَا بِمَصَابِیۡحَ ٭ۖ وَ حِفۡظًا ؕ ذٰلِکَ تَقۡدِیۡرُ الۡعَزِیۡزِ الۡعَلِیۡمِ
"Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada setiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan pelitaa (bintangg) yang cemerlang dan Kami memeliharanya. Demikian itu ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui."

فَقَضَاهُنَّ maka Dia menjadikannya - 
سَبْعَ tujuh -
سَمَاوَاتٍ langit - 
فِي dalam -
يَوْمَيْنِ dua masa/hari -
وَأَوْحَى dan Dia mewahyukan -
فِي pada -
كُلِّ setiap -
سَمَاءٍ langit - 
أَمْرَهَا urusannya - 
وَزَيَّنَّا dan Kami hiasi - 
السَّمَاءَ langit -
الدُّنْيَا dunia - 
بِمَصَابِيحَ
dengan pelitaa - 
وَحِفْظًا dan memelihara - 
ذَلِكَ demikian itu - 
تَقْدِيرُ ketentuan -
الْعَزِيزِ Maha Perkasa -
الْعَلِيمِ Maha Mengetahui -


Allah SWT telah mencipta tujuh langit dan setiap langit mempunyai urusannya sendiri. Kita lewati dulu pengertian tujuh langit ini. 

Kita lihat penjelasan terakhir, Kami hiasi langit dunia السماء الدنيا , dengan pelitaa, lampuu مصابيح jamak taksir dari مصباح . Meski umumnya terjemah menyebut bintang tetapi istilah asli yg digunakan adalah lampu, pelita مصابيح bukan نجوم jamak taksir dari نجم bintang.


Karena pelita di ruang angkasa tidak lain adalah bintang, maka salah satu arti yang mungkin terkait dg pilihan istilah lampu atau pelita merujuk pada bintang yang terang bukan bintang yang redup.


Bintang paling terang bagi kita tentu adalah matahari mengingat letaknya yang paling dekat dari kita, sekitar 149.600.000 km atau 499 detik atau sekitar 8 menit perjalanan cahaya.

Bintang berikut nya yang paling dekat dari kita adalah bintang Proxima Centaury dan Alpha Centaury yg jaraknya adalah 4,2 - 4,4 tahun cahaya (tc) atau 3,97x10^13 km.
Dua bintang terdekat berikutnya adalah bintang katai merah di rasi Ophiuchus yakni bintang Barnard yg berjarak 6 tc dan bintang katai merah di konstelasi Leo yakni bintang Wolf 359 yg berjarak 7,8tc.


Dengan demikian langit mempunyai faktor kedalaman ruang bukan lapisan tipis permukaan. Langit terdekat atau langit dunia adalah tempat bintangg terang.
Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA