LANGIT DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN (16)

Rabu, 29 Mei 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)

Arti langit mulai kita pahami, setidaknya langit material, langit dunia. Dengan demikian kita juga mulai dapat memahami ayat berikut.
Ar-Rahman (الرحمن) / 55:33)


یٰمَعۡشَرَ الۡجِنِّ وَ الۡاِنۡسِ اِنِ اسۡتَطَعۡتُمۡ اَنۡ تَنۡفُذُوۡا مِنۡ اَقۡطَارِ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ فَانۡفُذُوۡا ؕ لَا تَنۡفُذُوۡنَ اِلَّا بِسُلۡطٰنٍ
"Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan".

Kamus
يَامَعْشَرَ Hai masyarakat - 
الْجِنِّ jin - 
وَالْإِنْسِ dan manusia -
إِنِ jika - 
اسْتَطَعْتُمْ kamu mampu/sanggup -
أَنْ bahwa -
تَنْفُذُوا kamu menembus/melintasi -
مِنْ dari - 
أَقْطَارِ penjuru -
السَّمَاوَاتِ langit - 
وَالْأَرْضِ dan bumi -
فَانْفُذُوا maka tembuslah/lintasilah - 
لَا tidak - 
تَنْفُذُونَ kamu menembusnya - 
إِلَّا kecuali -
بِسُلْطَانٍ dengan /kekuatan -


Tembus dan jelajahi langit jika engkau mampu.

Tembus dan jelajahi kedalaman bumi jika kau sanggup.


24 April 1990 misi bersejarah teleskop ruang angkasa Hubble diluncurkan. Teleskop sepanjan 13,2m dan diameter 4,2m dg bobot lbh dari 10 ton yg pembangunannya melibatkan 10.000 ilmuwan dan insinyur, memerlukan waktu 20 tahun dan menghabiskan biaya 2 milyar dolar AS dilepaskan dari landasannya.

Teleskop ini bukan yang terbesar tetapi merupakan teleskop pertama yg tidak beroperasi di muka bumi melainkan mengorbit pada ketinggian 574km dari bumi.

Teleskop Hubble mengorbit, melintas, menjelajah dan menembus hingga langit ketiga.

Teleskop Hubble proyek raksasa yg dikerjakan selama hampir satu generasi ini sempat mengalami masalah, lensa utama tergores 1/50 rambut membuat foto buram.

Setelah dilakukan perbaikan sampai lima kali, Hubble pun mulai memberikan fotoo obyek ruang angkasa yg tidak pernah dibayangkan umat manusia sebelumnya.

Itulah kekuatan akal manusia, proyek yg awalnya dirasa skeptis akhirnya membuat sejarah baru. Menembus dan menyibak misteri langit nun jauh di sana ...langit keempat, langit kelima dan langit keenam dengan mata baru ...teleskop ruang angkasa Hubble.


Subhanallah ...
Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA